Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Monday 18 February 2013

Berbagai Gaya Dalam Lompat Jauh


Lompat jauh adalah salah satu dari cabang atletik dimana penilainnya didasarkan pada jauhnya kita menapakkan kaki pada sebuah bidang yang telah ditentukan. Ada berbagai gaya yang dikenal pada cabang olahraga ini. Dibawah ini akan dijelaskan berbagai gaya dalam lompat jauh sebagai bahan pengetahuan kita dalam bidang olahraga.
BERBAGAI GAYA DALAM LOMPAT JAUH:
1. GAYA MENGGANTUNG
Gaya ini disebut juga dengan gaya melenting / SCHEPPER / HANG STYLE. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan lompat jauh dengan gaya menggantung adalah:
Melakukan tolakan sekuat - kuatnya pada papan tolakan
menjaga sikap badan supaya bisa melayang selama mungkin di udara dan dalam keadaan seimbang.
Posisi mendarat yang baik, yaitu kedua kaki dan tangan ke depan. Jaga jangan sampai badan ataupun tangan jatuh ke belakang. 
Berikut ini adalah posisi tubuh saat melakukan lompat jauh gaya menggantung
2. GAYA BERJALAN DI UDARA
Disebut juga dengan running atau walking on the air. Pada prinsipnya, pada saat melakukan tolakan sama seperti pada gaya menggantung, yaitu melakukan tolakan di papan tolakan sekuat - kuatnya. Namun pada saat posisi berada di udara, kita harus melakukan gerakan seperti orang berjalan / berlari dengan cepat dalam beberapa langkah. Ini bertujuan supaya jarak mendarat kita menjadi lebih jauh.
Berikut ini adalah posisi tubuh saat melakukan lompat jauh gaya menggantung
3. GAYA JONGKOK 
Sering disebut dengan gaya TACK. Sama seperti pada gaya menggantung dan berjalan di udara dimana kita harus melakukan tolakan dengan tepat dan kuat. Yang membedakan hanya saat tubuh berada di udara, posisi tubuh kita seperti posisi tubuh orang yang sedang jongkok badan sorong kedepan dan tangan dikibaskan ke belakang sambil mengatur posisi tubuh untuk melakukan pendaratan yang benar.
Berikut ini adalah posisi tubuh saat melakukan lompat jauh gaya jongkok
 

Video belajar cara lompat jauh






Sumber : Carapedia

No comments:

Post a Comment