Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Sunday 29 January 2012

Meningkatkan Keterampilan Olahraga


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTDEzgAHPdbwmQa7E7KVrsHoJtTfmeG24PRWntht7ATFm5TAgT68DpvQM7U
Dalam aktivitas olahraga saah satu komponen fisik yang diutamakan adalah kelincahan, komponen kondisi fisik ini sangat penting untuk memperoleh suatu skill atau keterampilan, hal ini dapat dilihat dari kompetisi olahraga. Kelincahan yang baik sangat mempengaruhi gerakan mengubah arah kesamping kiri kanan, maju, mundur, dan kombinasi kelincahan diidentifikasi sebagai kemampuan mengubah arah dengan cepat dan efektif sambil bergerak atau berlari dalam kecepatan penuh.
Meningkatkan Keterampilan Olahraga dapat dilakukan  melalui peningkatan kelincahan, kelincahan dapat mengakibatkan suatu peningkatan pada performa seseorang. Peningkatan kelincahan memungkinkan seseorang atlet untuk menggerakkan gaya yang lebuh besar pada anggota tubuh dalam bergerak sangat memungkinkan mampu menambah kecepatan dan keterampilan seseorang. dalam hal ini kelincahan sangat mempengaruhi kecepatan sistem syaraf dalam menerima stimulus untuk menciptakan suatu gerakan yang tepat dan cepat dalam melakukan aktivitas fisik atau olahraga pertandingan, kelincahan ada hubungannya dengan keterampilan, karena keterampilan merupakan kesanggupan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan aktivitas olahraga secara tepat, cepat dan efektif.
Cara meningkatkan keterampilan olahraga adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan Keterampilan Olahraga Melalui Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh
    Dengan cara-cara yang tepat maka fungsi jantung dan organ-organ penting lainnya akan menjadi baik. Otot-otot akan bertambah dalam kekuatan besar dan tonusnya. Oleh karena itu latihan dan kegiatan olahraga yang dilakukan anak didik akan merangsang organ-organ tubuh secara menyeluruh.
  2. Meningkatkan Keterampilan Olahraga Melalui Peningkatan Kesegaran Jasmani
    Pertumbuhan organ-organ tubuh yang baik dan secara menyeluruh maka anak didik akan mampu melakukan kegiatan yang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari yang merupakan gerakan-gerakan dasar manusia seperti berjalan, berlari, melompat, berguling, dan lain-lain yang membutuhkan endurance, speed, agility, stregth dan stamina.
  3. Meningkatkan Kesehatan
    Selain organ-organ akan bekerja menjadi lebih baik menurut fungsi latihan/kegiatan olahraga mendidik anak tentang pentingnya udara segar bagi kesehatan.
  4. Meningkatkan Keterampilan Olahraga Melalui Ketangkasan dan Keterampilan
    Dengan pertumbuhan badan secara menyeluruh, kesegaran jasmani yang tinggi dan kesehatan badan yang baik akan memungkinkan seseorang meningkatkan ketangkasan/keterampilan dalam berolahraga. Disamping tangkas dan terampil melakukan gerakan-gerakan dasar manusia, anak didik juga tangkas melakukan berbagai macam cabang olahraga seperti atletik, senam, renang, dan berlari serta macam-macam permainan yang sifatnya kreatif.
Sumber : Meutuah

No comments:

Post a Comment