Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Sunday 29 January 2012

Teknik Renang Gaya Bebas


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYuSnhani0cqHFwlxENI6czhf5IqMElMjWcJ5Xpz9dcnvq26CtGX38Jgo080cS1vfNtaH-tzKklYSE060zmqzooqilLFM3ana2JgQeEPxy2ZlVBfcs9R9Drx2JZxrbGQElPTR5S2JHbJ0/s320/Bteathing+Under+Arm+Fix.jpg
Teknik renang gaya bebas
adalah gaya yang dilakukan perenang selain dari gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan sewaktu berenang sudah sampai ujung kolam atau berbalik, perenang bisa menyentuh apa saja dari badan perenang. teknik renang gaya bebas ini menyerupai cara berenang seekor binatang, oleh sebab itu disebut crawl yang artinya merangkak. Gerakan asli dari gaya ini adalah menirukan gerakan anjing yang berenang atau dikenal dengan renang gaya anjing.
untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik renang gaya bebas :
1. Posisi Badan
  • Teknik posisi badan atau gerakan posisi badan dalam teknik renang gaya bebas adalah : Harus sejajar dan sedatar mungkin, tubuh harus berputar pada garis pusat atau rotasinya, hindarkan kemungkinan terjadinya gerakan-gerakan tangan atau kaki yang berakibat tumbuh menjadi naik turun atau meliuk-liuk, sikap kepala normal dan pandangan agak lurus ke depan.
  • Bentuk-bentuk latihan posisi badan atau meluncur dilakukan dengan latiahan terapung telungkup, latihan meluncur dengan pelampung, latihan meluncur tanpa pelampung.
2. Latihan Gerakan Kaki
  • Teknik gerakan kaki sangat berperan sebagai tenaga pendorong atau penggerak dan yang paling utama adalah sebagai pengatur keseimbangan tubuh. Latihan gerakan dilakukan di kolam yang dangkal.
  • Bentuk-bentuk latihan gerakan kaki yaitu gerak dasar menendang sambi duduk dipinggir kolam, gerak menendang sambil meluncur, dan garak dasar menendang dan bernafas dengan pelampung.
3. Latihan Gerakan Tangan
  • Teknik gerakan tangan pada renang gaya bebas berperan terutama sebagai tenaga pendorong atau penggerak di samping sebagai pengatur keseimbangan tubuh.
  • Bentuk-bentuk latihan gerakan lengan dalam renang gaya bebas diantaranya meluncur sambil melakukan garak dasar lengan dengan cara pelampung dipasang pada tungkai, dan perenang hanya melakukan garakan tangan saja.
4. Latihan Pernapasan
  • Teknik garakan pernapasan dilakukan dengan cara memutar kepala ke kiri atau ke kanan, sehingga mulut berada dipermukaan air untuk mengambil udara, gerakan ini dilakukan bersamaan ketika lengan yang searah dengan arah putaran kepala berada di belakang samping tubuh.
  • Bentuk-bentuk latihan pernapasan antara lain dengan latihan gerak dasar mengambil napas, dan variasi gerak dasar mengambil napas.
5. Latihan Koordinasi Gerakan
Latihan koordinasi gerakan renang gaya bebas dimulai dengan gerakan meluncur yang dilanjutkan dengan gerakan kaki, lengan dan pernapasan dengan seksama sehingga terwujudlah suatu gaya bebas yang baik. Yang terpenting pada latihan koordinasi adalah koordinasi antara gerakan ini merupakan pengatur keseimbangan dan tenaga penggerak atau pendorong.

Sumber : Meutuah

5 comments:

  1. artikeknya cukup jelas dan sangat membantu
    oya gan ada yang tau gak soal tren baju senam wanita untuk saat ini...
    mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat jawabannya di brainly.cod.id aja kaa😊😊
      Jawaban insya allah betul😊🙏👍

      Delete
    2. Lihat jawabannya lebih baik lihat di "brainly.cod.id" aja kaa😊😊
      Jawabannya dijamin betullll😊😊🙏🙏🙏👌👌👍👍👍👍

      Delete
    3. Eh,,bukan brainly.cod.id kaa🙏🙏
      Maaf😥🙏🙏

      Tapi yg bener "brainly.co.id" 😁😁😊😊😊😊🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

      Delete