Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Sunday 29 January 2012

Teknik Menggiring Bola Kaki

http://tindik.files.wordpress.com/2010/12/menggiring.jpg
Teknik Menggiring Bola Kaki
merupakan salah satu teknik dasar  yang harus dikuasai oleh setiap pemain ketika akan melakukan permainan sepakbola. teknik menggiring bola adalah sebuah gerakan dalam permainan sepakbola  yang bisa dikatakan mengandung unsur  seni, sebab  adanya penggunaan beberapa bagian  kaki yang  menyentuh  bola  dengan cara  menggulingkan  bola ditanah  sembil berlari. Teknik menggiring bola kaki ini merupakan hal yang penting dalam permainan dan bertujuan untuk mengukur keterampilan dan kelincahan seorang pemain dalam menggiring bola dan menghindari rintangan (Dodging) (Said,1977:77).
Teknik menggiring bola kaki ada beberapa macam cara melakukannya, yaitu menggiring bola dengan rapat dalam ruang yang terbatas dan menggiring bola dengan cepat dalam ruang yang terbuka serta teknik melindungi bola dari lawan. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan sebagai berikut :
  1. Teknik Menggiring Bola Dengan Kontrol Yang Rapat
    Teknik pelaksanaan menggiring bola dengan kontrol yang rapat menurut Luxbacher (2004:49) adalah : “Anda harus mengontrol bola dengan rapat dalam situasi di mana lawan-lawan memenuhi ruang gerak anda. Bayangkan bola terikat oleh benang pendek dengan jari anda. Bola tidak boleh bergerak lebih jauh dari benang tersebut. Lakukan beberapa perubahan kecepatan dan arah yang cepat disertai dengan gerak tipu tubuh dan kaki terhadap lawan yang tidak seimbang dan ciptakan ruang tambahan untuk menggiring dan melakukan manuver dengan bola”.
  2. Teknik Menggiring Bola Kaki Dengan Cepat
    Teknik pelaksanaan menggiring bola dengan cepat menurut Luxbacher (2004:49) adalah : “Anda melakukan operan di daerah yang terbuka antara pemain tengah dan belakang lawan. Atau anda mendapat diri anda berada dalam situasi yang menguntungkan di belakang pertahanan lawan. Dalam situasi tersebut anda harus mampu mendribble bola dengan kecepatan penuh. Jangan biarkan bola rapat dengan kaki anda, sebaliknya dorong bola beberapa kaki di depan anda ke arah terbuka, berlari dengan cepat ke arah tersebut.
  3. Teknik Melindungi Bola
    Teknik Melindungi Bola menurut Luxbacher (2004:50) yaitu : “Tempatkan tubuh anda menyamping, sedikit membungkuk, da kontrol bola dengan kaki yang terjauh dengan posisi lawan. Dalam keadaan membungkuk Anda melebarkan jarak kedua kaki dan menciptakan jarak yang lebih jauh antara awan dengan bola. Gunakan gerak tipu tubuh dan kaki, dan perubahan kecepatan yang mendadak untuk membuat lawan kehilangan keseimbangan.
Sumber : Meutuah

No comments:

Post a Comment