Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Sunday 29 January 2012

Teknik Dasar Lempar Cakram


Teknik dasar lempar cakram merupakan cara dasar yang harus dipelajari oleh seseorang ketika akan melakukan latihan olahraga lempar cakram itu sendiri. Terdapat beberapa teknik dasar lempar cakram yaitu :
  1. Cara Memegang Cakram
    Teknik dasar lempar cakramuntuk cara memegang cakram terdapat dua teknik cara memegang cakram yang biasa dilakukan oleh pelempar cakram yaitu :
    • Posisi cakram diletakkan pada permukaan tangan dengan jari-jari menyebar luas diseputar lingkaran cakram dan kedua jari telunjuk dan jari tengah sedikit dirapatkan.
    • Ruas jari-jari pertama ditekuk pada pinggiran samping lingkaran cakram sedangkan posisi ibu jari hanya untuk menjaga kestabilan cakram dan berada dipermukaan cakram.
  2. Cara Melakukan Awalan Lempar
    Teknik dasar lempar cakram dengan cara melakukan awalan lempar pertama-tama dimulai dengan posisi pelempar yang berdiri di belakang lingkaran dengan posisi punggung menghadap ke arah sektor lemparan. Pelempar harus membuat beberapa kali ayunan cakram dengan lengan lempar untuk membuat pertimbangan dan mengatur keseimbangan. Badan dan lengan yang berlawanan dengan lengan lempar bergerak mengikuti gerakan lengan lempar.
    Untuk tahap selanjutnya posisi badan masih berputar dan sedikit condong ke belakang. Sampai saat ini kedua tungkai masih ditekuk dengan baik, tetapi ketika kaki kiri membuat kontak dengan lantai tungkai kiri hampir diluruskan penuh. Sementara lutut kaki dan pinggul meneruskan gerakan berputar ke arah lemparan dengan tepat, tariklah bagian atas badan mengikuti perputaran ini. Pada keadaan seperti ini lengan kiri mulai dibuka ke samping dan lengan kanan mulai mengayun berputar dengan gerakan cepat di dalam sebuah busur yang lebar dan bergerak sedikit ke arah atas.
Selain itu di dalam teknik dasar lempar cakram terdapat juga beberapa hal yang disarankan kepada pelempar ketika akan melakukan lemparan sebagai berikut :
  • Dapatkan putaran dengan posisi kaki yang baik
  • Bergerak jauh ke depan tetapi masih tetap berada di dalam lingkaran lempar
  • Dapatkan pilinan antara tubuh bagian bawah dan bagian atas
  • keseimbangan yang baik selama bergerak di dalam lingkaran
  • Mendaratlah di dalam unjung telapak kaki kanan dan putarlah dengan aktif di atas kaki ini.
Sumber : Meutuah

1 comment: