Selamat datang di situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda. Situs Pembelajaran Penjasorkes Smadda merupakan media pembelajaran online yang Kreatif dan Inovatif berbasis pada Blog yang digunakan sebagai E-Learning pada pembelajaran Penjasorkes di SMAN 22 Surabaya.

Saturday 28 January 2012

Teknik Bermain Sepakbola


http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQr9p9hCJhtcKzWqhmurWlzEJa5h_KTqHAc3leiD4chG0Qbb3sCwowTI6jn
Permainan sepakbola merupakan salah satu permainan yang menuntut kepada pemain untuk lebih terampil, selain memiliki keterampilan dan teknik yang baik juga dituntut juga memiliki fisik yang kuat. Untuk menjadi atlet sepakbola yang berprestasi maka diperlukan latihan-latihan yang mendasar tentang sepakbola terutama keterampilan dan  teknik bermain sepakbola serta latihan yang teratur dan terarah.Pemain sepakbola harus mengembangkan keterampilan dan teknik yang digunakan untuk mengumpan, menggiring, melindungi dan menendang bola. Setiap orang yang ingin menjadi pemain sepakbola harus terlebih dahulu menguasai keterampilan dan teknik bermain sepakbola dengan baik dan benar. Untuk lebih jelas, maka berikut ini akan diuraikan beberapa keterampilan dan teknik bermain sepakbola yaitu :
  1. Keterampilan Mengoper Bola dan Menerima Bola (Mengontrol Bola)
    Teknik bermain sepakbola dalam mengoper dan menerima bola dapat membentuk jalinan vital yang menghubungkan kesebelas pemain ke dalam satu unit yang berfungsi lebih baik daripada bagian-bagiannya. Jadi teknik mengoper dan menerima bola yang tidak baik akan mengakibatkan mudah kehilangan bola dan dapat membuang-buang kesempatan untuk membuat gol. Terdapat tiga teknik dasar mengoper bola yaitu Operan Inside of the Foot, Operan Outside of the Foot dan Operan Instep. Serta terdapat pula dua teknik dasar untuk menerima dan mengontrol bola yaitu Inside of the Foot dan Outside of the Foot.
  2. Keterampilan Jump Header (Meloncat ke atas menanduk bola) dan Drive Header (Terjun ke bawah menanduk bola)
    Pemain menggunakan Jump Header (meloncat ke atas untuk menanduk bola) untuk mengoper bola ke rekannya, untuk mencetak gol dengan mengarahkan bola ke gawang lawan atau untuk membuang bola yang mengarah ke gawang mereka sendiri. Drive Header (terjun ke bawah untuk menanduk bola) merupakan teknik bermain sepakbola akrobatik yang menarik yang hanya digunakan dalam situasi tertentu.
  3. Keterampilan Menggiring (Dribble) dan Melindungi Bola
    Menggiring (Dribble) dengan rapat dalam ruang yang terbatas dan menggiring bola cepat untuk memasuki ruang yang terbuka merupakan hal yang penting dalam permainan. Keterampilan melindungi bola sering digunakan dalam kaitannya dengan keterampilan dribble untuk melindungi bola dari lawan yang mencoba merebutnya. Melindungi bola dengan menepatkan tubuh pemain antara bola dan lawan yang mencoba merebutnya.
Sumber : Meutah

No comments:

Post a Comment